Health

Rekomendasi Daftar Minyak Goreng Sehat yang Baik Dikonsumsi

Penting untuk diketahui bahwa teknik menggoreng merupakan salah satu teknik memasak yang paling banyak dilakukan oleh kalangan masyarakat. Adapun penggunaan minyak untuk menggoreng umumnya berasal dari kelapa sawit, dimana hasil makanan dinilai lebih lezat dan bertekstur renyah.

Disamping itu, Anda juga perlu tahu bahwa minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit ternyata kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya yang mampu mengakibatkan penyakir jantung, stroke, hingga kanker.

Berikut ini beberapa minyak goreng yang dinilai sehat untuk dikonsumsi, diantaranya:

Minyak Kedelai

Minyal Kedelai

Tahukah Anda bahwa minyak kedelai memilki kadar lemak jenuh sekitar 15%, dimana ini jumlah yang lebih rendah jika dibandingkan dengan lemak jenuh pada minyak kelapa sawit yang mencapai sekitar 41%. Adapun minyak kedelai yang diproses melalui ekstraksi ini cukup efektif meingkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kandungan isoflavon yang ada dalam biji kedelai mampu menangkal radikal bebas serta dapat meningkatkan kepadatan tulang guna mencegah osteoporosis. Selain itu, untuk menggoreng dengan minyak kedelai ini, Anda membutuhkan suhu yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng sawit.

Minyak Kulit Padi (Rice Barn Oil)

Minyal Kulit Padi

Selain minyak kedelai, ada juga minyak goreng paling sehat yang berasal dari ekstrak dedak atau kulit padi dan kaya akan kandungan orizanol yang mampu berperan sebagai sumber antioksidan guna menangkal radikal bebas.

Adapun kombinasi dari kandungan vitamin E dan antioksidannya dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Tak hanya itu, kandungan asam lemak jenuhnya sekitar 20% dan kadar asam lemak tak jenuhnya 33%, sehingga minyak ini dianggap lebih sehat apabila digunakan sebagai minyak goreng.

Minyak Jagung

Minyak Jagung

Selanjutnya, ada minyak hasil ekstraksi biji jagung yang memiliki kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah ketimbang minyak kelapa sawit. Adapun minyak goreng ini memiliki titik asap pada suhu 204°C – 213°C sehingga dinilai cukup tahan panas dan biasa dipakai untuk menggoreng ataupun menumis.

Perlu Anda ketahui bahwa minyak jagung memiliki kandungan asam lemak esesial yang sangat penting untuk tubuh, seperti asam linoleat, asam oleat, serta asam lemak tak jenuh tungggal yang mampu membantu secara efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin.

Kandungan asam linoleat pada minyak jagung juga dinilai sangat berkhasiat untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati dan meningkatkan transfer oksigen guna menutrisi kulit agar tampak sehat.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Berikutnya ada minyak zaitun yang juga sudah lama dikenal sebagai salah satu minyak goreng paling sehat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Adapun kandungan lemak tak jenuhnya mencapai sekitar 80% serta Omega-3, Omega-6, Vitamin E, dan Vitamin K yang tinggi.

Selain itu, minyak dari ekstrak buah zaitun ini juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan berat badan. Minyak zaitun juga biasa digunakan untuk menumis beragam jenis sayuran dan diolah menjadi dressing salad yang lezat.

Namun, dikarenakan oleh titik didihnya yang rendah, maka minyak zaitun kurang cocok digunakan untuk menggoreng dengan cara deep-fry atau menggoreng makanan dengan banyak minyak.

Minyak Wijen

Minyak Wijen

Kemudian, ada juga minyak goreng yang mampu menghasilkan rasa gurih yang khas di setiap masakan. Adapun minyak ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh, sehingga dapat menghambat pembentukan kolesterol jahat di dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan asam phytate pada minyak wijen juga dipercaya mampu berperan sebagai antioksidan yang mengurangi resiko kanker dan penyakit lainnya.

Sebagai konsumen yang bijak, Anda perlu teliti dan cermat dalam memiliki minyak yang akan digunakan untuk memasak. Hendaknya Anda perlu menggunakan beberapa jenis minyak goreng paling sehat seperti yang sudah dilansir pada pembahasan diatas. Beberapa jenis minyak diatas diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda untuk menggoreng, menumis, dan lain sebagainya.

Comments
To Top