Travel

Pantai Burung Mandi, Ancolnya Belitung Timur

Burung Mandi Beach

Jika Anda berwisata ke Pulau Belitung bagian timur, jangan lewatkan untuk mampir ke salah satu pantai indah yang satu ini. Pantai Burung Mandi yang berlokasi di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur ini tentu menjadi salah satu objek wisata pilihan para pendatang yang kerap kali berkunjung ke Pulau Belitung. Anda tak perlu khawatir mengenai akomodasi, di sekitar pantai ini dapat dijumpai beberapa penginapan dengan harga yang terjangkau. Untuk sampai ke pinggir Pantai ini Anda akan menyusuri jalanan yang mulus. Panjang pantai diperkirakan 1,5 km. Di bagian lepas pantai tidak ditemukan adanya pulau yang menjadi pembatas antara Pantai Burung Mandi Belitung Timur dengan Laut Jawa, sehingga keduanya saling berhadapan.

Sebelum mencapai Pantai Burung Mandi, terdapat sebuah Vihara Dewi Kuan Im. Vihara ini dibangun diatas sebuah batu granit yang besar. Bagi para penganut Budha dan masyarakat yang ingin meramal nasibnya sering mengunjungi Vihara ini. Selain itu, Vihara Dewi Kuan Im juga dijadikan sebagai objek foto bagi para pengunjung sebelum melihat keindahan Pantai Burung Mandi. Kemudian, Anda akan disambut oleh tugu dua ekor burung yang  menyapa para pengunjung yang  tiap kali berkunjung ke pantai.

Di pinggiran pantai, Anda dapat menikmati keindahan pasir halus berwarna coklat keputihan yang diiringi ketenangan ombak pantai yang tak begitu besar. Anda juga dapat menikmati pemandangan tepi pantai yang terkadang dipenuhi beberapa perahu nelayan yang bentuknya terbilang cukup unik. Sebagian besar nelayan di Pantai Burung Mandi Belitung Timur menggunakan perahu cadik, bentuk perahu tersebut terbilang unik karena dibagian kanan kiri perahu memiliki ‘tangan’ sebagai penyeimbang supaya  tak mudah goyah apabila diterpa ombak yang cukup besar. Selain berbobot ringan, perahu cadik ini terbuat dari kayu berserat yang sukar rusak apabila terkena air laut. Penduduk desa pada umumnya menyebut perahu tersebut sebagai perahu kater.

Anda juga dapat menikmati keindahan pantai dengan ditemani makanan ringan. Terdapat beberapa buah warung di sisi sebelah kanan pantai yang menjajakan minuman dan juga makanan kepada pengunjung. Pohon-pohon pinus laut yang berjejer di sepanjang pantai bisa memberi kesan nyaman dan rindang bagi Anda yang ingin bersantai dibawah pohon sembari menikmati keindahan pantai.Banyaknya perahu kater berwarna-warni milik nelayan yang sedang berlayar kian menjadi hiburan bagi para pengunjung.Uniknya, Anda tidak akan menjumpai batu-batu granit yang besar di sekitar pantai layaknya pantai-pantai di Belitung pada umumnya.

Konon, dinamai Pantai Burung Mandi dikarenakan dahulu di tepian pantai sering dijumpai burung-burung yang sedang mandi. Oleh karena itu, pantai ini dijuluki oleh para penduduk desa sebagai Pantai Burung Mandi. Selain pantai, Anda juga dapat dimanjakan oleh keindahan panorama Gunung Burung Mandi dari arah laut. Pantai Burung Mandi merupakan satu-satunya pantai di Belitung yang berlatar belakang sebuah Gunung. Terdapat beberapa pulau kecil yang berjarak sekitar 75 km dari pantai, Anda dapat menyewa perahu untuk menyusuri keindahan panorama alam yang ada di Desa Burung Mandi ini.

Comments
To Top